Recent

Comment

GENERASI KOMPUTER DARI TAHUN KE TAHUN SAMPAI SAAT INI

Author -  Indah Nevertari Fans

Komputer adalah alat untuk mengolah data-data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan. Artinya, apa saja yang dilakukan oleh pengguna maka komputer akan menuruti itu semua. Dengan demikian, dalam konteks komputerisasi, maka komputer sudah sangat berkembang untuk membantu segala aktivitas manusia modern seperti sekarang ini.

Asal usul kata “komputer” itu sendiri diambil dari sebutan orang yang pekerjaannya menghitung aritmatika baik itu dengan alat bantu ataupun tidak. Seiring perkembangannya, justru mesin yang digunakan oleh orang tadi-lah yang disebut komputer.

generasi komputer
Secara luas, komputer dapat diartikan sebagai perangkat elektronik yang terdiri atas beberapa komponen. Sekumpulan komponen tersebut kemudian bekerja dengan ada keterkaitan satu sama lain. Dengan proses kerjasama tersebut, komputer dapat mengolah data dan program yang diperintahkan oleh user (pengguna).

Kemudian menampilkan data dan program tadi dalam bentuk visualisasi dan suara, yaitu pada layar monitor dan speaker. Atau apabila ingin membuat data secara nyata (print out) maka dapat menggunakan perangkat keras bernama Print.

Komponen komputer tadi ada bermacam-macam jenisnya, antara lain: CPU, layar monitor, keyboard, mouse, hardisk, power supply, motherboard dan masih banyak lagi. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai perangkat-perangkat dalamkomputer.

Semua itu bekerja secara sinergis, dengan fungsi dan cara kerja masing-masing. Secara teknis, perangkat komputer itu sendiri telah lama berkembang. Bahkan ada sebutan generasi komputer, dan telah dicanangkan ada lima generasi komputer sampai saat ini.

Detail mengenai masing-masing generasi akan diulas pada wacana berikut ini:

Generasi Komputer Pertama (1944-1959) – Dimulai dengan diciptakannya perangkat elektronik berupa tabung vakum. Tabung ini digunakan untuk tempat memori dan sirkuit untuk CPU. Awal mulanya tabung ini berupa bola listrik yang dapat menghasilkan banyak panas dan sangat rentan dengan sekering instalasi.

Generasi Komputer Kedua (1960-1964) – Mulai ada penemuan baru yakni berupa transistor. Dengan adanya komponen baru tersebut, komputer pada generasi ini lebih sedikit memakan daya listrik.

Generasi Komputer Ketiga (1964-1975) – Setelah transistor, para ilmuwan pun kembali mencetuskan ide baru dengan membuat perangkat kecil bernama Integrated Circuit (IC). Dengan perangkat tersebut, komputer tampak lebih kecil dan efisien untuk dioperasikan.

Generasi Komputer Keempat (1975-sekarang) – Pengembangan IC sangat tampak pada generasi ini. IC yang dikembangkan tersebut bernama Very Large Scale Integrated (VLSI) yang kemudian telah berkontribusi untuk penemuan baru yaitu komputer pribadi (PC).

Generasi Komputer Kelima (Sekarang-masa depan) – PC atau personal computer diakui terdapat kekurangan karena dianggap tidak praktis. Kemudian para produsen elektronik berbasiskan teknologi komputer mengembangkan perangkat canggih berupa LAPTOP yang dapat dibawa ke mana-mana dan hanya membutuhkan baterai sebagai sumber tegangan. Selain laptop, ada perangkat lainnya seperti Netbook, Ultrabook, Chromebook, dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa hal yang dapat penulis sampaikan terkait informasi generasi komputer dari tahun ke tahun. Semoga dapat memberikan wawasan baru terhadap pengetahuan tentang teknologi komputer anda saat ini. (Baca juga tentang: Mengenal Bagian-bagian Komputer dan Fungsinya)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © Servis Komputer Balikpapan. Designed by OddThemes